Penyebab Nyeri Pada Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya!

Bagikan

Bagikan

Nyeri Telapak Kaki

Penyebab Nyeri pada Telapak Kaki

Tentunya akan berasa sangat tidak nyaman jika anda mengalami keluhan nyeri pada bagian telapak kaki. Anda mungkin merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas seperti berjalan atau berlari. Jika anda sering mengalami nyeri pada telapak kaki anda, kemungkinan anda mengalami salah satu dari penyebab nyeri kaki pada daftar dibawah ini.

Plantarfascitis

Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab umum nyeri pada bagian bawah kaki. Kondisi ini terjadi akibat jaringan tebal pada bagian bawah kaki mengalami peradangan. Hal ini lah yang menyebabkan anda merasakan nyeri atau ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Metatarsalgia

Metatarsalgia adalah suatu kondisi peradangan bada bagian metatarsal pada kaki. Kondisi ini terjadi akibat terjadi pembebanan berulang pada tulang metatarsal. Hal ini juga sering menjadi pemicu munculnya nyeri atau rasa kesemutan pada bagian telapak kaki.

Tarsal Tunnel Syndrome

Tarsal Tunnel Syndrome (TTS) atau disebut juga Sindrom Terowongan Tarsal adalah nyeri pergelangan kaki akibat tekanan pada saraf tibialis. Saraf tibialis berfungsi merasakan sensasi dan mengendalikan gerakan pergelangan kaki. Letaknya melintang melewati struktur tulang yang berbentuk seperti terowongan (tarsal tunnel).

Cara Mengatasi Nyeri Pada Telapak Kaki

Lalu sekarang bagaimana cara kita untuk mengurangi atau mengatasi nyeri yang kita alami pada telapak kaki kita ? Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Istirahatkan Kaki

Penyebab dari telapak kaki yang mengalami nyeri adalah pembebanan berlebih pada bagian telapak kaki. Dengan mengistirahatkan kaki dari aktivitas maupun kegiatan yang berat, anda bisa meminimalkan rasa nyeri dan mencegah cedera yang lebih parah.

Lakukan Stretching

Stretching dan Latihan Pada Plantarfascitis.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan peregangan pada bagian telapak kaki. Selain melakukan peregangan, melakukan massage juga bisa memberikan efek relaksasi pada bagian kaki yang mengalami nyeri.

Fisioterapi

Fisioterapi adalah pilihan yang tepat jika anda mengalami keluhan seperti nyeri dan kesemutan pada bagian telapak kaki. Pemberian latihan dan modalitas fisioterapi terbukti efektif untuk mengurangi dan mengatasi nyeri pada telapak kaki yang kalian alami.

Kami di Halofisioterapi menyediakan pelayanan fisioterapi dengan kualitas premium dan harga yang terjangkau. Tenaga Kesehatan kami akan siap melayani anda kerumah. Informasi pelayanan fisioterapi bisa anda dapatkan pada link dibawah ini. Jangan sungkan untuk bertanya mengenai keluhan anda pada kami.

Baca Juga: Apa Itu Fisioterapi ?

Referensi:
7 Plantar Fasciitis Stretches That Will Ease Foot Pain: https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/plantar-fasciitis-exercises accessed on 8th September 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Kesehatan Terbaru

Play Video