De Quervain Syndrome – Penatalaksanaan Fisioterapi

Bagikan

Bagikan

De Quervain Syndrome

Penatalaksanaan Fisioterapi Pada De Quervain Syndrome.

Definisi

De quervain syndrome adalah suatu kondisi peradangan yang terjadi pada tendon di ibu jari pada sisi belakang, tepatnya pada abductor policis longus (APL) dan extensor policis brevis (EPB).(1) Prevalensi dari de quervain syndrone diperkirakan terjadi pada 0.5% pria dan 1.3% wanita dengan usia 40 – 50 tahun. De quervain syndrome sering terjadi pada individu dengan riwayat epikondilitis medial dan lateral.(2)

De quervain syndrome biasanya berhubungan dengan kehamilan, periode postpartum dan menyusui, serta pada aktivitas berulang pada gerakan deviasi radioulnar, seperti memukul palu, olahraga ski, dan mengangkat anak atau peliharaan.(1) De quervain syndrome  pada kedua tangan biasanya terjadi pada ibu pada fase post partum yang sering mengangkat bayinya.(2)

Patofisiologi De Quervain Syndrome

Penyebab pasti dari De quervain syndrome masih belum diketahui, hanya saja terdapat beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, seperti gerakan berulang, overuse, dan adanya trauma langsung pada tendon otot abductor pollicis longus dan extensor pollicis brevis.(3)

Kompartemen dorsal pertama pergelangan tangan berisi tendon abductor pollicis longus dan ekstensor pollicis brevis yang dilapisi oleh selubung sinovial yang memisahkannya dari lima kompartemen dorsal pergelangan tangan lainnya. Saat tendon ini melewati terowongan fibrosa sepanjang kira-kira 2 cm melewati styloid radial dan di bawah serat transversal retinaculum ekstensor, mereka berisiko mengalami entrapement, terutama dalam kondisi trauma akut atau gerakan deviasi berulang.(2)

Gerakan dengan beban dan dilakukan berulang pada pergelangan tangan, khususnya gerakan deviasi ulnar dan radial akan menyebabkan gesekan, tekanan, dan iskemia, yang jika terjadi secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi yang menimbulkan adanya nyeri dan bengkak pada area basis ibu jari.(3)

Tanda dan Gejala De Quervain Syndrome

Gejala dari de quervain syndrome diantaranya:(1)

  1. Nyeri pada sisi dorsoradial tangan dan memberat saar gerakan deviasi radial dan ekstensi tangan.
  2. Bengkak pada sisi dorsoradial tangan.
  3. Terbatasnya gerakan ibu jari tangan.
  4. Sisi dorsal retinakulum menebal.
  5. Muncul kista ganglion retinacular kecil di sisi dorsal retinakulum.

Pemeriksaan Fisioterapi De Quervain Syndrome

Pemeriksaan fisioterapi de quervain syndrome yang dapat dilakukan diantaranya:(1)

Finkelstein test

Prosedur :

  • Pasien memposisikan pergelangan tangannya secara pronosupinasi netral di pinggir meja.
  • Minta pasien untuk menggenggam ibu jarinya.
  • Instruksikan pasien untuk menggerakan pergelangan tangannya ke arah ulnar deviasi.
  • Jika pasien merasakan nyeri pada kompartemen pertama retinakulum, maka tes positif.

Baca Juga : Penatalaksanaan Fisioterapi pada Pronator Teres Syndrome

Referensi

1. Satteson E, Tannan SC. De Quervain Tenosynovitis [Internet]. StatPearls. 2022. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28723034

2. Adams JE, Habbu R. Erratum: Tendinopathies of the hand and wrist. J Am Acad Orthop Surg. 2016;24(2):123. DOI : 10.5435/JAAOS-D-14-002163.

3. Suryani A. Sindrom De Quervain : Diagnosis dan Tatalaksana. IDI – Contin Med Educ. 2018;45(8):592–5.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Fisioterapi Terbaru

Play Video