Golfer Elbow – Penatalaksanaan Fisioterapi

Golfer Elbow

Penatalaksanaan Fisioterapi pada Golfer Elbow.

Patofisiologi Golfer Elbow

Golfer elbow atau epikondilitis medial disebabkan oleh trauma mikro ataupun kerobekan mikro akibat overuse dan overload pada tendon. Epikondilitis medial terjadi akibat kontraksi konsentrik dan eksentrik otot fleksor dan pronator teres secara terus menerus yang menyebabkan microtear berulang pada tendon.(1,2) Tendon tersusun dari serat kolagen yang tersusun dalam struktur triple-helix cross-linked sehingga membuat stabil dan keras.(1) Saat tendon mengalami microtear berulang, terjadi remodelling serat kolagen dan peningkatan subastansi dasar mukoid. Selanjutnya, kekuatan kolagen menurun menyebabkan disorientasi struktur kolagen dan menurunkan kekakuan tendon,  peningkatan kerapuhan, pembentukan jaringan parut, sehingga provokasi stress untuk gerakan pada epikondil medial akan memunculkan nyeri dan kelemahan pada pergerakan elbow.(1)

Tanda dan Gejala Golfer Elbow

Gejala dari golfer elbow atau epikondilitis medial meliputi:

1. Nyeri pada perlekatan tendon fleksor lengan bawah ke epikondilus medial humerus dan terjadi pada pasien yang aktivitasnya berhubungan dengan fleksi dan pronasi lengan bawah yang berulang.(3)
  2. Nyeri tekan pada palpasi pronator teres dan fleksor karpi radialis, dan maksimal pada 5 mm sampai 10 mm distal dan anterior dari titik tengah epikondil medial.(2)

Pemeriksaan Fisioterapi Golfer Elbow

Pemeriksaan fisioterapi golfer elbow atau epikondilitis medial yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Medial epicondyle’s test

• Prosedur : Pasien dalam posisi duduk ataupun berdiri. Lakukan elbow fleksi 90 derajat dan dorso fleksi wrist. Lalu instruksikan pasien untuk melakukan gerakan ekstensi elbow.
  • Tes positif : Adanya nyeri pada sisi medial siku (epikondil medial).

2. Polk’s Test

• Prosedur : Pasien dalam posisi duduk diinstruksikan untuk memegang benda dengan berat 2,5kg dalam posisi fleksi elbow dan dorsofleksi wrist (telapak tangan menghadap atas).(4)
  • Tes positif : Adanya nyeri pada sisi medial siku (tendon yang melekat pada epikondil medial). (4) Hal tersebut menandakan adanya permasalahan pada otot fleksor elbow dan pronator teres. (4)