Kenali Pergeseran Tulang Leher Yang Dialami Lesti Kejora: Spondylolisthesis

Lesti Cedera

Berdasarkan informasi Kombes Pol Endra Zulpan pada Selasa 4 Oktober 2022, terdapat pergeseran tulang leher akibat dari KDRT yang dialaminya, “Ada pergeseran dileher, tulang leher,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya. Sebagai fisioterapis dan tenaga medis, pergeseran tulang belakang (cervical/ tulang leher) itu disebut dengan spondylolisthesis.

Spondylolisthesis merupakan kondisi tulang belakang yang salah satu ruasnya bergeser baik ke depan atau ke belakang dari ruas di bawahnya.(1,2) hal tersebut bisa terjadi karena konginetal (bawaan sejak lahir), trauma, dan degenerative. Spondylolisthesis dapat menyebabkan kelainan struktur tulang belakang, penekanan pada akar saraf yang melewati ruas yang bergeser, dan kerusakan pada persendian tulang belakang.(2)

Spondylolisthesis Cervical

Pada kasus lesty, gejala yang muncul ketika anda mengalami spondylolisthesis cervical adalah nyeri pada area tulang belakang cervical yang dapat menjalar hingga tangan, spasm otot, dan penurunan sensoris pada area penjalaran saraf yang berdampak.(1)

Pada kasus ini, peran fisioterapi sangat dibutuhkan, fisioterapi dapat memberikan manual therapy (manual mobilization), electrical agent, exercise selama fase rehabilitasi dan tentukan edukasi berkaitan dengan kondisi individu. Dalam manajemen intervensi pasien, fisioterapis akan memberikan manajemen yang berbeda untuk tiap individunya menimbang adanya perbedaan kondisi pada masing-masing individu. Goals dari kasus spondylolisthesis ini adalah
– Mengurangi nyeri
– Meningkatkan stabilitas struktur otot, ligament pada segmen yang bergeser
– Mencegah penurunan dan meningkatkan kekuatan otot pada ekstremitas atas
– Mencegah komplikasi lainnya (tirah baring, penurunan fungsi gerak dll).