HaloFisioterapi

Mengetahui End Feel dalam Pemeriksaan Pasif ROM

End Feel

End Feel

Definisi

End Feel merupakan sensasi pada sendi dalam menjangkau akhir lingkup gerak sendi yang dirasakan oleh fisioterapis saat melakukan gerakan range of motion (ROM) pasif pada pasien.(1) Dalam melakukan pemeriksaan end feel,  fisioterapis harus memastikan tidak ada gejala yang berat ataupun memprovokasi munculnya keluhan. Jika pasien mampu melakukan gerakan fisiologis ROM hingga akhir jangkauan secara aktif tanpa adanya gejala yang memprovokasi keluhan, pemeriksaan end feel dapat dilakukan. Jika pasien memiliki keluhan patologis saat melakukan gerakan ROM hingga akhir jangkauan, fisioterapis harus memeriksa end feel dengan hati-hati. Evaluasi end feel yang tepat dapat membanti fisioterapis untuk menilai jenis patologis, prognosis, dan tingkat keparahan masalah yang dialami pasien. End feel yang dilakukan oleh fisioterapis bersifat subjektif sehingga reliabilitas intrarater cenderung baik, sedangkan reliabilitas antar penilai buruk. Cyriax membagipemeriksaan end feel menjadi dua yaitu end feel normal dan end feel abnormal. Berikut penjelasan mengenai end feel tersebut.(1)

Normal End Feel

Cyriax menderskripsikan terdapat 3 sensasi normal end feel, antara lain:  

https://www.traditionrolex.com/12

Abnormal End Feel

Cyriax menggambarkan lima rasa akhir abnormal terkait dengan beberapa derajat rasa sakit atau terbatas gerakan, antara lain:

Cara Melakukan Pemeriksaan Endfeel

  1. Posisikan subjek terlentang ataupun duduk sesuai dengan sendi yang akan di periksa.
  2. Fisioterapis secara pasif menggerakan sendi sesuai dengan gerak fisiologisnya.
  3. Perhatikan rasa tahanan pada pergerakan, apakah ada perlawanan atau hal yang membatasi pada pergerakan pasif sendi tersebut

Baca Juga : Cara Mengukur Range Of Motion (ROM)

Referensi:

  1. Magee D J. 2014. Orthopedic Physical Assessment-E-Book. Elsevier Health Sciences.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *