HaloFisioterapi

Kenali Rheumatoid Arthritis

rheumatoid arthritis

Apa Itu Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis (RA) adalah kondisi klinis kronis dan menyakitkan yang menyebabkan kerusakan sendi progresif, kecacatan, penurunan kualitas hidup, dan harapan hidup yang lebih pendek. Bahkan peradangan ringan dapat menyebabkan kerusakan permanen dan cacat permanen. Pada kebanyakan pasien, perjalanan klinisnya progresif, dan kerusakan struktural berkembang dalam 2 tahun pertama.

Gejala Rheumatoid Arthritis

RA mempengaruhi persendian yang berbeda pada orang yang berbeda, dan gejalanya juga bervariasi dari orang ke orang. Gejala khas rheumatoid arthritis adalah:

  • Sendi yang hangat, bengkak, dan nyeri
  • Sendi kaku di pagi hari setelah Anda bangun tidur (biasanya menjadi lebih fleksibel lagi setelah lebih dari satu jam).
  • Terjadi kelemahan: Nyeri, persendian yang kaku sering berakhir dengan tidak banyak digunakan, yang dapat menyebabkan otot menjadi lebih lemah dari waktu ke waktu.
  • Terjadi kelelahan: RA mempengaruhi seluruh tubuh, sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kelemahan fisik secara umum.
  • Nodul reumatoid: Saat penyakit berkembang, benjolan kecil yang disebut nodul reumatoid terkadang berkembang di bawah kulit. Mereka biasanya tidak peka terhadap tekanan atau sentuhan.

RA biasanya pertama kali terlihat pada persendian kecil di tengah jari tangan dan di pangkal jari tangan dan kaki, dan terkadang juga di siku, pergelangan kaki, atau lutut. Gejala biasanya terjadi pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh Anda. Sendi yang dekat dengan batang tubuh, seperti sendi bahu atau tulang selangka, juga bisa meradang.

Gejala dapat memburuk secara bertahap, atau mungkin tidak berubah untuk waktu yang lama. Terkadang gejalanya datang dan pergi dalam beberapa episode, sehingga peradangan dan rasa sakit bisa tiba-tiba memburuk dan kemudian membaik lagi setelah beberapa saat. Selama fase ketika gejalanya lebih parah, atau pada stadium penyakit yang lebih lanjut, orang terkadang merasa sangat lelah.

Rheumatoid Arthritis VS Osteoarthritis

RA terkadang disalahartikan dan disamakan dengan osteoartritis. Tetapi ada beberapa perbedaan antara kedua kondisi ini:

  • Osteoarthritis disebabkan oleh kerusakan tulang rawan yang berkaitan dengan usia di dalam sendi, dan bukan oleh radang.
  • Osteoarthritis dan rheumatoid arthritis mempengaruhi sendi yang berbeda. OA lebih sering menyerang sendi sendi yg menjadi tumpuan seperti sendi lutut, panggul. Sedangkan RA menyerang sendi sendi kecil seperti di jari-jari tangan dan kaki.
  • Pada osteoartritis, persendian terutama terasa sakit saat Anda menggerakkannya, dan bukan saat Anda mengistirahatkannya.
RA-vs-OA
RA-vs-OA
(sumber: medcomic.com)

RA adalah penyakit autoimun kronis yang ditandai oleh peradangan yang menyerang sendi, terutama sendi-sendi kecil di tangan dan kaki. Pada RA, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi, menyebabkan peradangan, kerusakan tulang, dan deformitas sendi. RA juga dapat mempengaruhi organ lain di tubuh, seperti kulit, mata, paru-paru, dan jantung.

Saat anda mengalami RA, ada baiknya Anda mengkonsultasikan kondisi Anda pada tenaga profesional seperti dokter dan fisioterapi agar Anda mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Baca Juga : Latihan Ringan Untuk Kondisi Carpal Tunnel Syndrome

Reference :

  • InformedHealth.org [Internet]. Cologne, Germany: Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG); 2006-. Rheumatoid arthritis: Overview. [Updated 2020 May 20]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK384455/

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru