Nyeri di Area Lutut Saat Berolahraga? Ayo Cari Tahu Penyebabnya

Nyeri Lutut Saat Berolahraga

Nyeri di Area Lutut Saat Berolahraga? Ayo Cari Tahu Penyebabnya

Saat berolahraga seluruh otot, tulang, sendi, ligamen dan struktur gerak fungsional lainnya bekerja berkesinambungan dalam menciptakan gerakan yang stabil. Apabila muncul nyeri saat melakukan suatu pergerakan, itu menandakan adanya permasalahan pada struktur penggerak regio tersebut. Rasa nyeri merupakan alarm tubuh yang menandakan adanya bahaya ataupun masalah pada struktur dalam tubuh.

Lalu bagaimana bila nyeri dirasakan pada area lutut?

Lutut kita terdiri dari banyak struktur yaitu tulang, sendi, otot, ligamen, meniscus, dan bursa. Dokter dan fisioterapis memiliki caranya tersendiri untuk mendiagnosa adanya permasalahan pada struktur ditubuh kita. Fisioterapis tentunya memiliki tes spesifik regio lutut yang memiliki nilai spesifisitas dan reliabilitas dan terbukti validitasnya melalui penelitian. Berdasarkan data penelitian, 40% nyeri lutut dirasakan pada area depan dan terjadi pada usia remaja. Area nyeri pada lutut dapat digambarkan pada gambar berikut:

Nyeri pada lutut dapat bersifat bilateral (dirasakan pada kedua sisi lutut) ataupun satu sisi lutut saja. Apabila terjadi permasalahan pada lutut, nyeri akan bersifat lokal pada sekitar area lutut saja. Pencegahan awal yang dapat dilakukan adalah dengan kompres es untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Apabila anda merakan nyeri dengan area seperti pada gambar anda dapat mengonsultasikan kondisi anda kepada fisioterapis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut berkaitan dengan permasalahan utama yang menyebabkan keluhan nyeri muncul.

Kami di Halofisioterapi menyediakan pelayanan fisioterapi dengan kualitas premium dan harga yang terjangkau. Tenaga Kesehatan kami akan siap melayani kerumah. Informasi pelayanan fisioterapi bisa anda dapatkan pada link dibawah ini. Jangan sungkan untuk bertanya mengenai keluhan anda pada kami.